Ingin Membuat Cold Brew Coffee? Cek 2 Alat Kopi Ini!

0

Barangkali dunia sudah sepakat bahwa kopi menjadi minuman paling populer karena energi yang dihasilkan oleh kafein. Banyak orang mencintai kopi dengan suhu hangat, tapi nggak sedikit juga sekarang yang mencintai kopi dengan suhu dingin. Perihal alat penyeduh kopi untuk suhu hangat sudah sering Kopling bahas, tetapi kalau kopi dingin baru disinggung sebagian. Kali ini Kopling akan kasih tau kamu bagaimana membuat kopi dingin dengan alat-alat yang mungkin belum kamu tahu wujudnya.

Kamu mungkin sudah sering mengenali alat-alat penyeduh kopi seperti Aeropress, Presso, French Press, tapi apakah kamu sudah tahu tentang Hourglass Coffee Maker dan Body Brew? Keduanya adalah alat seduh untuk membuat cold brew, dan keduanya memiliki bentuk yang lucu menyerupai jam pasir!

Hourglass Coffee Maker

source: gizmag.com

source: gizmag.com

Kalau menggunakan alat ini, kamu nggak perlu menggunakan energi listrik seperti halnya kamu memakai Aeropress. Bunyi kampanyenya “brew, flip, and enjoy”. Dari slogannya sendiri saja sudah terlihat mudah bukan? Iya, memang begitu adanya. Alat ini adalah sebuah inovasi terbaik di bidang perkopian. Terutama dalam membuat cold brew, karena kita dimudahkan sekali dalam pembuatannya.

Hourglass Coffee Maker memiliki enam bagian, hampir sama dengan bagian-bagian yang terdapat pada Aeropress. Hourglass ini dipengaruhi oleh air dengan suhu normal dan waktu. Sebagai ganti air panas yang biasa dilakukan untuk menyeduh kopi, penggunaan Hourglass memakai air dengan suhu normal dan meninggalkannya semalaman.

Menurut pembuatnya, cold brew yang dihasilkan dari Hourglass ini diyakini mengurangi keasaman kopi hingga 69,6% dan tidak pahit dibandingkan dengan seduh hangat.

Untuk menyeduhnya, seperti halnya membuat cold brew atau supaya lebih jelas, kamu bisa lihat video di bawah ini.

BodyBrew

BodyBrew source: gizmag.com

BodyBrew
source: gizmag.com

Antara Hourglass dengan Bodybrew sebetulnya serupa. Ini hanya inovasi yang dilengkapi dengan wadah penyimpanan yang built-in, mereka menyebutnya Bean Kanteen. Bentuknya juga lebih sederhana dibandingkan dengan Hourglass.

BodyBrew source: gizmag.com

source: gizmag.com

BodyBrew disertai dengan fitur timer. Cara kerjanya mirip dengan Hourglass. Seberapa besar jumlah kopi yang ingin kamu ekstrak tergantung bubuk kopi yang kamu masukkan.

 

Menarik ya alat-alat kopi ini? Benar-benar seperti gadget, selalu ada keluaran baru secara berkala. Kedua alat di atas ini sama-sama nggak memerlukan listrik, memudahkan kita untuk membuat kopi, dan, karena ini adalah alat untuk membuat kopi cold brew, tentunya membutuhkan waktu 12 sampai 24 jam.

Desainnya yang keren juga bikin alat ini oke banget buat dibawa ke mana-mana. Sekarang, tinggal kamu yang pintar-pintar memilih, mau pakai alat yang mana?

About author

No comments

Coffee Shop Tanpa Barista?

Posisi barista semakin lama semakin terancam akibat perekonomian yang semakin sulit. Setelah tahun lalu muncul robot yang dapat menggantikan manusia untuk membuat kopi, saat ini ...