Honduras, Negara Pisang Penghasil Kopi

0

Sebelum Kopling memulai artikel ini, jawab dulu satu pertanyaan. Di mana letak negara Honduras?

Negara dengan penghasil pisang terbesar di dunia ini terletak di ekor daerah Amerika Tengah, negara ini bertetangga dengan Guatemala di sebelah barat, El Salvador di selatan, dan Nikaragua di timur. Karena menjadi penghasil pisang terbesar di dunia, Honduras disebut Negara Pisang. Tapi, di luar produksi pisang yang berlimpah, Honduras adalah salah satu pengekspor terbaik komoditas kopi di dunia.

Dengan negara yang tidak sebesar Indonesia, beberapa daerah bagian adalah penghasil kopi berkualitas kopi, Marcala, Copan, Santa Barbara, dan Ocotopeque. Negara-negara di Amerika Tengah termasuk Honduras, Panama, Kosta Rika diminta untuk menekan produksi pertanian mereka karena panen yang berlebihan. Waduh, kondisi ini sekarang berbalik dengan apa yang terjadi di Indonesia, lho. Bahkan untuk produksi kopi sendiri, Honduras diminta menekan produksi supaya harganya tidak turun.

Karena kualitas kopi yang baik, permintaan ekspor kopi dari Honduras amat berlimpah. Sebenarnya apa sih yang membuat kopi ini diminati banyak orang?

Kopi Honduras ini memiliki rasa yang beragam. Sama seperti kopi pada umumnya, tiap rasa yang dimunculkan tergantung dari proses roasting. Tapi, kopi Honduras lebih dikenal dengan lightly fruited, caramel-like, tingkat keasamaan rendah yang pas jika dibuat espresso. Dibalik dari bagusnya kualitas kopi di Honduras, ada edukasi yang baik pada para petaninya. Mereka mengetahui bagaimana agar kopi yang dihasilkan maksimal, seperti saat melawan hama, proses pengeringan, dan roasting.

petani kopi honduras

Kualitas kopi yang baik didukung juga oleh faktor lingkungan, seperti tanah, ketinggian, ikli, dan petani yang telah dilatih dalam praktik pertanian. Kita lihat saja negara-negara di amerika tengah lainnya, dari Guatemala, El Salvador, dan Nicaragua mereka negara kecil tapi mampu menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Namun, di tengah permintaan tinggi dari kopi honduras ini mereka hanya fokus pada konsumen. Maksudnya, beberapa tidak memerhatikan kualitas kopi yang dijual, hanya menjadikan sebagai kopi komersial bukan kopi spesial. Karena ini juga mereka dikenal sumber dari kopi komersil. Kopi dijual dengan harga murah kepada perusahaan besar. Ini dilakukan karena memang penghasilan terbesar mereka adalah dari pertanian. Jadi, ada dilematis pada posisi ini.

honduras coffee source: samandevans.com

honduras coffee
source: samandevans.com

Ini adalah fenomena yang wajar di dunia pertanian, entah dari kopi entah sayur mayur. Beberapa melakukan hal tersebut karena terkait ekonomi. Tetapi, beberapa bisa bertahan dengan idealismenya untuk tetap mempertahankan kopi kualitas terbaik. Dan benar, seperti yang tertulis di atas, kopi Honduras yang berkualitas baik akan menghasilkan rasa karamel dengan tingkat keasaman rendah.

Berminat?

About author

No comments

Instalasi Seni Publik yang Seru

Masih ingat dengan instalasi seni yang kreatif di sini? Di artikel kali ini, Kopling kepingin share lagi beberapa instalasi seni yang menarik dan menyenangkan di ...