Finlandia, Negara Mungil Pengonsumsi Kopi Terbesar Di Dunia

0

Dengan luas daerah 338.424 km2, dan penduduk dengan populasi yang hanya  5,5 juta jiwa saja, Finlandia memang tidak sebesar Amerika, Prancis atau Italia. Namun, siapa nyana ternyata negara Nordik ini merupakan negara pengkonsumsi kopi per-tahun terbesar di dunia.

Jelas jika orang Finlandia amat mencintai kopi sedemikian rupa dengan diperkirakan setiap orangnya menghabiskan 12 kg kopi per-tahunnya. Lebih besar dua kali dari rata-rata dari negara Eropa lain!

Begitu pentingnya kopi di Finlandia, maka akan dianggap sebagai sebuah penghinaan jika kita berkunjung ke rumah seseorang namun tidak disajikan secangkir kopi yang nikmat. Kopi memang sudah dianggap sebagai bagian dari keramah-tamahan bagi bangsa Finlandia.

Mengingat Finlandia bukan penghasil biji kopi, darimana datangnya kecintaan ini?

Asal Mula

Perangkat minum kopi Finlandia dulu kala (sumber: metmuseum.org)

Finlandia merupakan negara paling utara di dunia dan juga merupakan satu dari yang paling dingin. Iklim yang dingin tentunya menjadi halangan untuk menumbuhkan pohon kopi. Oleh karenanya, sangat menarik saat mengetahui kopi bisa begitu populer di negara ini.

Kopi datang ke Finlandia di sekitar awal 1700-an dan langsung dicintai oleh banyak orang. Mereka bahkan menyebutkan kopi sebagai obat dan bahkan mengklaim bisa menyembuhkan sakit kepala dan depresi segala. Tidak hanya itu, bahkan kopi dikatakan bisa menyembuhkan penyakit hati, yang oleh karenanya kopi pada awalnya dijual hanya di apotek saja. Meski begitu, tidak semua orang bisa langsung menyukai kopi karena banyak juga yang memandangnya dengan penuh kecurigaan.

Pada awalnya meminum kopi merupakan bagian dari pencitraan sosial dan penunjuk status saja. Para peminum kopi pertama di Finlandia adalah para kelas atas, yang meminum kopi untuk mengikuti trend yang tengah berkembang di kalangan sosialita Eropa. Namun, saat memasuki abad ke-18, harga kopi merosot jatuh dan menjadi lebih mudah untuk didapatkan oleh siapa saja dan dari kalangan mana saja sehingga bisa disajikan tiga kali sehari, setelah awalnya hanya bisa dikonsumsi selama liburan saja.

Kultur Kopi Finlandia Masa Kini

Menu café di Finlandia (sumber: dearcoffeeiloveyou.com)

Orang Finlandia mencintai kopi dan selalu ingin lebih. Sayangnya, karena pajak yang tinggi dan pembatasan selama Perang Dunia II, pergerakan kopi lintas Eropa pun menjadi terbatas. Kemudian, semenjak tahun 1970-an, semua “halangan” tadi sirna, sehingga orang Finlandia kemudian menjadi konsumen kopi terbesar dunia.

Saking pentingnya kopi dalam denyut nadi hidup mereka, bahkan sampai ada kewajiban untuk menyediakan coffee break bagi setiap perusahaan untuk karyawan mereka. Tidak ada negara lain yang memiliki kebijakan serupa. Kopi dianggap memberi enerji lebih dan meningkatkan mood, jadi para majikan memproritaskan kopi untuk karyawan dan memastikan ketersediaan waktu bagi mereka untuk meminum kopi.

Sebuah laporan dari Nordic Coffee Culture menyebutkan jika 6% perempuan Finlandia dan 14% laki-laki meminum lebih dari 10 gelas kopi per-harinya. Tentunya suatu jumlah yang besar. Konsumsi rata-rata kopi juga cukup tinggi, yaitu 4 hingga 5 gelas per-harinya.

Persiapan Dan Meminum Kopi Di Finlandia

Peracikan Espresso Nectar, salah satu minuman kopi Finlandia (sumber: coffeeserveddaily.wordpress.com)

Jika kita peminum kopi decaf, maka mungkin Finlandia bukan tempat yang pas untuk dikunjungi, karena akan susah untuk ditemui. Tidak hanya di warung kopi, tapi toko serba ada juga tidak menyediakannya. Ini disebabkan karena rendahnya demand akan kopi decaf, mengingat orang Finlandia menyukai kopi mereka penuh dengan kafein.

Dan jika di area tengah dan selatan Eropa kopi diroasting hingga pekat dan kaya, maka di Finlandia cenderung sebaliknya. Kopi Finlandia sengaja diroasting ringan. Sangat ringan malah, sehingga bisa dikatakan paling ringan sedunia. Hal ini disebabkan karena kualitas air yang sangat bagus sehingga bisa menambah cita rasa kopinya. Meski begitu, kopi yang diroasting pekat dan medium masih bisa dijumpai kok di berbagai pelosok Finlandia.

Umumnya, dengan pengecualian latte, kopi Finlandia selalu disajikan dalam mug atau cangkir, alih-alih gelas sebagaimana awamnya di negara lain. Kopi juga selalu disediakan di acara formal dan sangat diprioritaskan dalam menjamu tamu. Kebanyakan keluarga Finlandia memilliki kopi yang khusus disiapkan untuk para tamu mereka atau acara tertentu.

Namun, karena pengaruh Globalisasi, peminum kopi dari kalangan muda Finlandia masa kini mulai mencicipi berbagai kopi specialty aneka rasa. Kopi tidak lagi disajikan hanya di rumah atau kantor. Café pun menjadi tempat nongkrong yang populer bagi anak muda. Mereka meminum kopi dari cangkir take-away bukan pemandangan aneh lagi. Tentu saja ini semakin meningkatkan pengaruh kopi di masyarakat Finlandia masa kini.

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments

Kenapa Kita Menyukai Aroma Kopi?

Bagi para pencinta kopi, bau kopi mungkin salah satu hal yang mesti diperhatikan, karena bau kopi menjadi nilai tambah bagi kopi itu sendiri sebelum maupun ...