Kopi Tanpa Pahit: Ada?

0

A_small_cup_of_coffee

Kenapa kamu suka kopi? Apakah karena efeknya, atau karena rasanya yang pahit? Seberapa pahit? Karena beberapa orang nggak suka kopi karena pahitnya itu. Padahal kalo biji kopi yang kita beli itu bagus – dalam arti biji kopinya nggak bercacat cela – nggak akan pahit-pahit banget lho ASAL teknik bikin kopinya juga tepat. Segala sesuatu yang salah itu biasanya kan dimulai dari proses awal…

Jadi apa yang bikin kopi jadi terasa pahit banget?

Pertama, air yang terlalu panas. Iya, jadi air itu juga menentukan kualitas minuman kopi. Air yang terlalu mendidih akan mengeluarkan zat dalam kopi yang seharusnya nggak keluar. Itulah sebabnya mesin kopi yang baik memberikan kita “kekuasaan” untuk mengontrol suhu air saat kita menyeduh kopi.

Kalo mesin kopi kamu nggak bisa disetel antara 92-96 derajat Celcius, itu artinya kamu perlu beli mesin kopi yang baru. Kalo kamu nyeduhnya pake air dari ketel, diamkan dulu selama 1-2 menit setelah mendidih supaya temperaturnya sedikit turun.

Penyebab kedua adalah kamu menggunakan ukuran yang salah waktu menggiling biji kopi. Kehalusan bubuk kopi untuk kopi “biasa” beda sama espresso. Mungkin kamu perlu baca tips membuat espresso yang ini.

Penyebab ketiga, kamu mungkin udah lama nggak ngebersihin mesin kopi kamu. Coba dibersihin pake air panas dan dilap dengan kain yang bersih. Mungkin sebaiknya setiap selesai buat 12 cangkir kopi, mesinnya langsung kamu bersihin.

Terus, kalo kopinya udah terlanjur terasa pahit banget gimana cara ngilangin kopinya, kalo tanpa harus nambahin gula?

Kamu bisa masukin sedikit garam dapur ke dalam kopi kamu atau juga bubuk kemiri. Tapi jangan banyak-banyak ya, nanti rasa kopinya jadi berubah. Seperdelapan sendok teh aja juga udah cukup.

bitterfree_610x610

Nah, ada juga nih mesin kopi baru yang namanya “Bitterness Eliminating Coffee Maker” yang konon katanya bisa menghilangkan rasa pahit dalam kopi tanpa harus ditambahin gula dan lain-lain. Mesin ini udah diatur suhunya sedemikian rupa supaya kopi yang dihasilkan rasanya pas. Harga mesin kopi keluaran Hammacher Schlemmer ini $199,85. Kabarnya Bodum dan Cloer juga membuat mesin serupa ini. Mesin kopi ini dilengkapi dengan LCD control panel yang bisa diprogram untuk menentukan waktu penyeduhan.

Tapi tetep inget ya, kalo nggak suka kopi yang rasanya terlalu pahit, pilih biji kopi yang berkualitas. Ada harga, ada barang. Harga kan nggak pernah bohong? Hehe… Biasanya sih kopi organik rasanya nggak sepahit dibanding sama yang non-organik. Dan yang  nggak kalah pentingnya: jangan males bersihin mesin kopi kamu.

 

Salam sruput!

Sumber foto: hammacher.com dan wikipedia.com

No comments

Membuat Perubahan Melalui Mural

Ada seorang seniman dari Afrika Selatan yang menggunakan jalanan sebagai kanvasnya sekaligus mengubah kehidupan warga di sekitarnya. Sebut saja ia Freddy Sam, nama yang diambil ...