Pahitnya Itu di Warna…

0

cangkir-warna-putih-membuat-rasa-kopi-lebih-pahit

Kalau cara membuat kopi kamu rasanya sudah benar – sesuai aturan dan takaran – tapi ternyata rasanya masih juga pahit, mungkin kesalahan bukan terletak dari cara pembuatannya, jenis biji kopinya, atau jumlah gula yang kamu masukkan ke dalamnya, tapi… warna gelas atau cangkir yang kamu gunakan!

Melalui sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Flavour, ditemukan bahwa warna gelas dan cangkir kopi mempengaruhi rasa kopi. Cangkir dan gelas yang berwarna putih membuat rasa kopi lebih pahit, sementara cangkir dan kopi yang berwarna biru dan transparan membuat rasa kopi lebih manis.

Riset ini dibuat sebanyak dua kali oleh para periset dari Australia, dan ternyata ada riset lainnya yang dibuat oleh sekelompok periset lainnya yang menemukan bahwa warna gelas plastik yang berbeda mempengaruhi persepsi orang tentang minuman cokelat panas. Gelas plastik yang berwarna oranye dan cokelat membuat rasa minuman cokelat panas lebih terasa “cokelat” ketimbang gelas plastik yang berwarna putih. Di riset yang sama, mereka menemukan bahwa kopi yang disajikan dalam teko yang berwarna biru aromanya lebih lembut ketimbang kopi yang disajikan dalam teko dengan warna lain. Seorang barista bahkan mengatakan bahwa terbukti kopi yang diminum dari cangkir yang berwarna putih rasanya lebih pahit ketimbang kopi yang diminum dari cangkir berwarna transparan.

Kira-kira apa ya penyebabnya? Para periset itu mengatakan bahwa kontrasnya warna antara warna kopi dengan warna putih cangkir membuat kekuatan kopinya lebih “nendang”, dan hal ini mengurangi rasa manisnya si kopi. Anehnya, pengaruh warna cangkir dan gelas ini hanya berpengaruh pada kopi yang panas, bukan kopi dingin.

Riset ini nggak main-main, karena dipimpin oleh seorang psikolog yang bernama George Van Doom, yang merekrut 54 orang sukarelawan untuk melakukan penelitian ini. Ketika mereka diberi bentuk cangkir yang berbeda, mereka masih mengatakan hal yang sama. Jadi, bukan bentuk cangkir dan gelas yang mempengaruhi rasa kopi, tapi warnanya.

Lain kali kalau kamu ingin membeli cangkir baru untuk kopi kamu, jangan lagi memilih yang warnanya putih – kecuali kalau cangkir itu pemberian pacar ya. Nanti dia marah kalau cangkirnya nggak kamu pakai lagi. Hehehe…

No comments