Buat Creamer & Whipped Cream Sendiri Yuk!

1

Kopling udah sering ngasih tips gimana caranya buat menghemat uang untuk minum kopi. Dan kali ini, Kopling kepengen share gimana caranya buat menghemat uang untuk “temennya” si kopi, alias creamer sama whipped cream-nya.

Kalo kamu adalah orang yang nggak minum kopi pake creamer atau whipped cream, tentu nggak masalah. Tapi ada masanya kamu memerlukan si creamer atau whipped cream ini untuk bikin kopi terkadang lebih meriah. Sadar atau nggak, sebenarnya minum kopi yang ditambah creamer atau whipped cream itu pemborosan lho. Sedikit, memang. Tapi kalo dihitung-hitung yang lumayan juga sih banyaknya.

milk-and-coffee

Kadang pemborosan itu terjadi karena kita membeli creamer atau whipped cream kebanyakan. Niatnya sih buat nyetok, tapi yang ada jadi kebuang karena udah expired, soalnya emang nggak setiap kali kita pengen minum kopi yang ditambah macem-macem. Sayang banget kan? Gimana jadi caranya supaya si creamer umurnya jadi lebih panjang?

Masukkan creamer itu ke dalam cetakan es batu. Ini creamer yang cair ya, maksudnya. Bekukan, lalu simpan dalam kantong plastik yang atasnya ada perekatnya (ziplock). Ketika mau digunakan, keluarkan dari freezer. Memang sih, lebih sehat kalo beli lagi yang baru. Ini hanya sekadar untuk memperpanjang umur si creamer cair.

Atau, kamu juga bisa membuat creamer kamu sendiri. Gampang banget kok. Gini caranya:

Bahan:
14 ons susu kental manis
1 3/4 cangkir susu cair

Cara membuatnya:
Campur keduanya sampai rata, masukkan ke dalam toples yang ada tutupnya, kocok, lalu simpan dalam kulkas.

Kalo kamu kepengen nyampur creamer kamu dengan bahan lainnya seperti madu, misalnya, madunya harus dipanaskan dulu sampai mencair, supaya bisa tercampur lebih rata. Atau, kamu juga bisa mencampurnya dengan rasa-rasa lain, misalnya dengan bubuk vanilla, sirup coklat, atau karamel.

whipped-creamaTerus, gimana dengan whipped cream yang biasa kita pakai untuk topping kopi? Mari kita buat sendiri juga. Caranya adalah dengan memasukkan 1/2 cangkir air ke dalam panci yang besar, lalu masukkan ke dalam freezer. Setelah airnya membatu, keluarkan, dan tambahkan dengan 1/2 cangkir susu bubuk instan. Kocok dengan blender sampai berbusa (kurang lebih setengah menit). Tambahkan 2 sendok makan gula, 1 sendok makan jus lemon, dan 1/2 sendok teh bubuk vanilla. Kocok terus sampai kental dan sampai bentuknya mirip whipped cream. Whipped cream buatan kamu siap dipakai saat itu juga, dan jangan disimpan. Kalo bikinnya kelebihan, whipped cream ini bisa kamu pakai buat topping makanan manis lain kok.

Selamat mencoba! (Sumber gambar: freysmiles.com)

 

Artikel Terkait:

Membuat-Milk-Foam-dengan-Cara-Sederhana

Resep-Coffee-Creamer

 

1 comment

Post a new comment