6 Hal Yang Kita Tidak Ketahui Sebenarnya Berkafein

0

Menurut Wikipedia, kafeina, yang kita kenal sebagai kafein, adalah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Saat ini, sudah umum kalau kopi merupakan jenis minuman yang dikenal berkafein. Tapi kafein juga banyak ditemui dalam bahan pangan lain seperti daun teh, buah kola, guarana, dan maté.

Okelah, mungkin sebagian besar orang pun mengenal teh mengandung kafein, dan begitu juga dengan kola, meskipun mereka agak awam tentang guarana dan maté. Terlepas dari pengetahuan awam tersebut, sebenarnya kafein juga terdapat di berbagai materi lain yang jamak terdapat di sekitar dan kerap kita konsumsi. Apa saja mereka?

1. Kopi Decaf

Sumber gambar: healthcastle.com

Meski disebut sebagai kopi yang telah didekafeinasi, tapi kopi decaf masih memiliki kafein. Sebagai perbandingan, kopi biasa dengan ukuran 8 ons memiliki kandungan kafein sebanyak 95mg, sedangkan kopi decaf sekitar 2 mg.

2. Cokelat

Sumber gambar: erinwritesnow.com

Cokelat berasal dari biji kokoa yang mengandung kafein. Semakin gelap sebuah cokelat, maka semakin banyak pula kadar kafeinnya.

3. Pil Diet

Sumber gambar: erinwritesnow.com

Pil diet mengandung kafein dengan kadar tinggi. Konsumsi harian pil ini dengan dosis tertentu sama dengan meminum 12 gelas kopi. Jadi berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya.

4. Penghilang Rasa Sakit

Sumber gambar: steadystrength.com

Banyak obat-obatan penghilang rasa sakit mengandung kafein karena dapat membantu meredakan rasa sakit kepala. Contohlah Excedrin, yang memiliki kandungan kafein sama besarnya dengan segelas Frappuccino.

5. Penyegar Nafas

Sumber gambar: beautyjunkiez.com

Beberapa penyegar nafas mengandung kafein. Tiga semprotan dari Penguin yang memiliki kafein, misalnya, sama halnya dengan segelas kopi.

6. Minuman Soda Non-Cola

Sumber gambar: thestar.com

Cola bukan satu-satunya minuman soda berkafein, karena untuk 12 ons A&W Cream Soda misalnya mengandung 29 Mg kafein. Begitu juga, secara mengejutkan, Sunkist Orange Soda mengandung 41 Mg. Jadi perhatikan komposisi minuman bersoda sebelum mengkonsumsinya.

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

No comments