6 Hal Yang Harus Dihindari Saat Menggunakan WiFi Gratisan Di Cafe

0

Saat ini cafe yang menyediakan WiFi menjadi tempat nongkrong yang banyak diminati. Apalagi jika pengunjung bisa berlama-lama menggunakan fasilitas WiFi tersebut. Dengan bermodalkan secangkir kopi atau penganan kecil, kita bisa berselancar di lautan world wide web yang luas dengan leluasa tanpa memikirkan kuota internet mahal yang terbuang saat melakukannya.

Tapi, dengan kemudahan ini, para pemakai WiFi ini telah menciptakan rasa nyaman yang palsu, dan mengakses apa saja yang mereka inginkan. Kita jadi mudah melupakan jika kita bukan tengah berada di rumah sendiri, tapi area publik.

Jadi, sebagai pengingat, ada 6 hal yang harus dihindari dilakukan saat kita tengah menikmati WiFi gratisan di cafe favorit:

6. Jangan Melakukan Online Banking

WiFi umum gratisan pada dasarnya sama halnya dengan meninggalkan kunci mobil di dalam mobil saat ia berada di parkiran. Jangan memasukkan password paling aman kita saat berada di tengah keramaian. Banyak selebriti yang foto-foto pribadinya beredar di kalangan luas saat akun iClouds mereka diretas di skandal Sony tahun lalu. Jadi, jika orang terkenal dan perusahaan besar saja bisa kebobolan, apalagi orang awam seperti kita.

5. Pikir Dua Kali Sebelum Membuka Facebook Atau Gmail

Mungkin terdengar berlebihan, tapi Facebook dan Gmail merupakan undangan terbuka untuk penguntit online. LifeHacker merekomendasikan untuk menggunakan SSL (https://)  saat mengakses media sosial dan email. Langkah yang tidak ada salahnya kita ikuti.

4. Gunakan Headpones Saat Menonton YouTube

Hal ini sebenarnya sudah merupakan kesopanan umum. Jika tidak mengerti konsep ini, ada kemungkinan ada yang salah dengan isi otak kita.

3. Matikan Fasilitas Sharing

Dengan Macs, akan sangat mudah untuk melakukan sharing antar gadget dan lebih mudah lagi untuk lupa mengganti pengaturannya saat kita berada di daerah publik. Sharing file-file pribadi, folder iTunes, dan video rahasia mungkin secara otomatis akan menyala. Jadi, sebaiknya matikan terlebih dahulu sebelum mengakses WiFi gratisan.

2. Jangan Serakah Menguasai Beberapa Meja Sekaligus

Meski mungkin sedikit tidak berhubungan dengan risiko keamanan, tapi memakai beberapa meja sekaligus bisa mengundang risiko amarah dari pengunjung lain, apalagi saat di jam sibuk. Jadi bagilah meja dengan orang lain. Dan mungkin lebih baik lagi jika mengajak teman jika ingin memiliki ruang yang lebih luas.

1. Jangan Mengakses Pornografi

Cafe adalah ranah publik. Sepintar apapun kita berusaha menjaga privasi, tetap akan ada cara orang lain untuk mengetahui apa yang kita akses. Akan terasa aneh dan memalukan, tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga untuk orang lain, saat kita ketahuan sedang membuka laman-laman syur.

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

Sumber gambar: sprudge.com

No comments

Dapibus Enim Viverra

Vehicula nisl vulputate dictum bibendum mattis lorem feugiat, vitae magnis vivamus consequat diam adipiscing vitae sem luctus phasellus ut velit. Pede torquent, commodo fusce velit ...