Erick Eko Pramono

2

Erick Eko Pramono adalah seniman asal Yogyakarta yang nggak memiliki latar belakang pendidikan di bidang seni. Lulusan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada ini sudah suka menggambar dari kecil, namun baru tertarik kembali untuk menggambar kira-kira dua tahun yang lalu ketika ia mengenal Indonesia’s Sketchers.

Erick sempat mencicipi berbagai bidang pekerjaan, mulai dari karyawan sebuah perusahaan server pulsa elektronik, teknisi komputer, programmer, hingga akhirnya sekarang ia menjadi guru komputer di SD Tajem dan guru batik di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Erick memutuskan untuk menekuni dunia seni visual karena ia suka menggambar, terutama menggambar manual. Ia suka dengan live sketching, meskipun nggak menolak untuk membuat sketsa dari imajinasi. Menurut Erick, live sketching adalah karya seni yang curang, karena seseorang tinggal melihat sekitar dan mencontek hal-hal yang ada di sekitarnya. Tapi, kalo skill-nya nggak terasah sebenarnya teknik ini ya sulit juga lho. Hehe…

Erick menggunakan media tinta bak dan pena ranting. Ia juga suka bermain-main dengan cat air. Bolpen, gelpen, dan pensilpun bisa menjadi temannya dalam berkarya. Ia sangat mengagumi karya-karya Lapin, Pete Scully, Chihiro Iwasaki, Ella Elviana dan Ch’ng Kiah Kiean. Buat Erick, ia berkarya karena ia ingin menangkap suasana yang ia alami saat menggambar. Ia ingin penikmat karyanya merasa turut berada di sampingnya saat ia mensketsa.

Ada beberapa pameran yang pernah diikuti oleh Erick, di antaranya adalah Pameran Sketsa di pembukaan Hunian Antara Kuwang, Cangkringan, Sleman (2011) dan Pameran Bersama, Kotabaru dalam Sketsa (2013). Menurut Erick, pameran pertamanya sangat berkesan. Di situ ia senang sekali ketika merasakan karyanya dihargai.

Erick bukanlah seorang pecandu kafein, meskipun ia menyukai kopi. Ia paling sering meminum kopi Kapal Api, kopi ABC, dan kopi-kopi sejenis lainnya. Kopi favoritnya adalah Koffie Item Italia dari Kopi Oey. Menurut Erick, rasanya keras, tapi memanjakan.

 

Lihat karya-karya Erick lainnya di sini: sukasketsa.blogspot.com

About author

2 comments

Post a new comment

Buah Berwarna Kuning Terang Itu

Ketika mendengar kata “pisang”, apa yang terlintas dalam kepala kita? Kebanyakan orang tentunya akan mengasosiasikannya dengan nama buah, tapi beberapa orang (dewasa) akan langsung berpikir ...